Rabu, 17 Februari 2010

axioo pico djh

Pada minggu lalu sekitar tanggal 10 Februari 2010, kakak saya membeli sebuah netbook. yaitu axioo pico djh. melihat speknya menurut saya tidak terlalu masalah. meski memakai prosesor n270, memory 1 GB dan hardisk 250GB. menurut saya sudah cukup bila hanya untuk ngetik dan browsing. akan tetapi begitu netbook itu datang kerumah ternyata sudah di upgrade memorynya menjadi 2GB. alias max memory yang dapat ditampung. maklum cuma 1 slot saja. hehehehehe

Kakak lalu minta tolong untuk di install operating system. meski bawaannya sudah ada klix, tapi saya iseng pengen ganti dengan ubuntu 9.10. karena saya sudah belajar sedikit dengan ubuntu. alias udah agak familiar. karena kalo pake klix masih binun... hehehhe.

Dengan bermodalkan cardreader+memory 1GB tercinta, langsung saya format dan isi dengan ubuntu dengan menggunakan USB startup Disk Creator yang ada di ubuntu saya. gak pake lama soalnya iso imagenya saya masih punya dalam hardisk.

setelah mulai menginstall... koq ada yang aneh ya??? ternyata touchpadnya tidak jalan... ya sudah sementara pakai keyboard dulu. karena mouse USBnya masih dipake. setelah instalasi selesai, ternyata koq masih belom jalan juga ya touchpadnya... Gak pake lama langsung browsing di google, ternyata kalo pake ubuntu di axioo memang touchpadnya ga detek. solusinya pun cukup mudah. cukup menambahkan i8042.noloop=1 didalam grub.cfgnya

grub.cfg di ubuntu 9.10 tidak bisa langsung di edit, karena itu permissionnya harus di rubah dulu, berhubung saya tidak bisa dengan text maka saya menggunakan bantuan nautilus di super user mode. caranya adalah dengan mengetikkan sudo nautilus di dalam terminal. trus masuk ke /boot/grub. lalu cari grub.cfg trus di klik kanan dan properties-->permission lalu ownernya dipilih dari cuma read diganti read and write.

Setelah itu masuk lagi dalam terminal ketik sudo gedit /boot/grub/grub.cfg, setelah masuk dibelakang kernerlnya baru ditambahkan i8042.noloop=1. alias di belakang tulisan nosplash atau quite. lalu save dan restart.

Jadi deh. udah bisa digunakan touchpadnya. bila untuk ubuntu 9.04 yang masih menggunakan menu.lst atau ubuntu 9.10 yang upgrade-an dari 9.04 yang menggunakan menu.lst dapat langsung masuk ke menu.lst dan mengetikkan i8042.noloop=1 dibelakang kernel. atau bila i8042.noloop=1 tidak bisa coba ganti dengan i8042.nomux=1.

Setelah touchpad jalan, saya install rar di dengan mengetik sudo apt-get install rar unrar didalam terminal, lalu instal adobe flash player plugin,gstreamer plugin untuk dapat menyetel film dan mp3, wine untuk emulator software windows, dan awn alias avant-window-navigator untuk dock di bawah seperti launchernya miliknya mac. Semua itu tinggal klik di application-->ubuntu sofware center. dengan catatan koneksi internet jalan. oia, wine saya install karena saya mau menginstal office, meski bawaannya sudah ada open office, tapi kadang bila membaca file .doc dari microsop office formatnya kacau. office yang saya install adalah office 2007, karena office 2003 dulu tidak bisa jalan di wine. ga jadi 99% free software inside dah... :D

Akhirnya selesai juga instalasinya, performanya lumayan juga untuk ukuran intel atom. Sampai sekarang belum menemui masalah. Puji Tuhan....

1 komentar:

  1. mas, pada bagian insert i8042.noloop=1 untuk pengenalan touchpad, itu detilnya diletakkan dimana ya mas?? saya udah ngikuti step2 diatas, tapi touchpad pico ubuntu 9.10 saya tetep ga detek . . . mohon sekali bantuannya, , kalo bisa, screenshot-nya aja juga boleh mas . . .
    trimakasih banyak . . .

    BalasHapus

Blogger Tricks