Minggu, 26 Februari 2012

Extundelete

pada suatu ketika, saya melakukan kesalahan fatal, file-file dalam /home saya hilang semua. sempat bingung juga sampai ngewall di fesbuk.. searching di internet ternyata merujuk ke extundelete.

meskipun sudah ada petunjuk ke extundelete saya masih mencari solusi lain.. soalnya saya kira extundelete harus dicompile dulu. dan ternyata di ubuntu 11.10 (oneiric) ada paketnya.

dengan perintah sudo apt-get install extundelete terinstallah extundelete. lalu dengan memakai perintah sudo extundelete /dev/sda2 --restore-all --output-dir /media/backup lumayan menyelesaikan masalah.. meski tidak semua dapat terecovery tapi sudah sebagian besar. dan saya sangat bersyukur.

bila anda mengalami hal yang sama, yang harus dilakukan
1. jangan panik
2. jangan memakai partisi yang filenya hilang tersebut, karena akan merusak hasil output. lebih baik bila akan merecovery pakai live usb saja dan untuk output directorynya pakai partisi lain.
3. berdoa semoga dapat direcovery
4. menunggu sambil bikin kopi juga bisa.
5. yang jelas lebih hati2 dengan data anda. hehehehehe

sekian
terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Tricks